Flash Optional untuk Fujifilm X100T

Flash Optional untuk Fujifilm X100T

Bagi yang sudah memiliki Fujifilm X100T pastinya lebih dari cukup untuk dibawa jalan. Reduksi noise pada ISO sangat tinggi dan lensa permanen 23mm f/2 membuat kamera ini masih tergolong baik dalam kondisi lowlight, sangat bisa diandalkan. Namun karena kamera ini tergolong kamera serius (menurut saya, serius kalau seseorang bersedia membeli kamera yang lensanya tidak bisa ngezoom dan diganti-ganti), bagi yang suka motret tetap saja membutuhkan flash optional untuk menyempurnakan hasil foto. Nah ini dia Fujifilm X100T dan flash optional yang saya gunakan.

Nissin Di622!

Sebenarnya flash ini saya pakai waktu saya masih menggunakan Nikon D90 yang klasik dan cepat. Namun karena D90 sudah laku, maka flash ini cukup lama menganggur, sayang kalau dijual karena harganya sangat rendah. Barunya saja waktu itu cuma Rp 1.100.000,- (eh, itu tergolong murah kalau dibanding flash OEM Nikon yang harganya di atas 3 jutaan lho…). Dan untuk kelas flash third party dengan harga murah, kemampuan sapuan cahaya Nissin Di622 bagi saya tidak perlu diragukan lagi. Rata! (bukan promosi ya…). Kekurangannya, beban handheld jadi lebih berat, secara flash ini lumayan besar.

Beruntung sewaktu memiliki Fujifilm X-100T ternyata cocok dengan flash ini. Tidak sia-sia menyimpannya. Hehe… Contoh foto menyusul ya…, belum sempat upload.

Catatan: Sudah dicoba pada Nissin Di622 for Nikon. Kalau for Canon belum tahu kompatibel atau tidak.